Saturday, August 22, 2009

Mengecat Ruangan Sendiri

Mengecat ruangan dianggap sebagai sebuah seni tersendiri dan tidak semua orang dapat melakukannya. Padahal pada kenyataannya, kita bahkan dapat memiliki karya kita sendiri di rumah, di salah satu kamar.

Mengecat ruangan sendiri

Mungkin sudah tiba saatnya untuk mengecat ruangan dengan warna yang baru. Mengecat ruangan memerlukan perencanaan secara hati-hati bagi pengecat yang belum berpengalaman dan tentu saja memerlukan kerja keras. Sebelum mengecat, Anda harus memilih warna cat dan jenis cat. Yang terakhir dapat benar-benar membuat perbedaan jadi jangan lupa untuk memilih jenis cat yang benar.

Mengecat ruang keluarga
Warna pada dasarnya memiliki kepribadian dan dapat mempengaruhi mood atau perasaan manusia, jadi pilihlah warna-warna yang sesuai dengan ruangan dan fungsinya.
  • Biru adalah warna yang menyejukan dan menenangkan

  • Merah adalah warna penggugah semangar dan memeberikan pengaruh yang kuat.

  • Hijau menghadirkan keseimbangan dan persaan yakin.

  • Kuning adalah warna emosional yang menggerakan energi dan menimbulkan keceriaan.


tips mengecat ruang duduk

Berikut adalah tips memilih warna untuk ruang anda :
  1. Tentukan ruang seperti apa yang ingin anda ciptakan. Misalnya ruang yang hangat, ruang yang memberi kesan ringan, atau ruang yang terkesan sejuk.

  2. Ruang sebaiknya didominasi oleh satu warna,
  3. Warna terang, sebaiknya digunakan untuk area yang lebih besar, sementara warna gelap sebaiknya digunakan untuk area kecil yang jarang digunakan, seperti tangga.

  4. Gunakan warna untuk mengubah tampilan ruangan. Warna muda pada langit-langit dapat membuat ruang terkesan lebih tinggi. Demikian juga sebaliknya.

  5. Gunakan warna kuat seperti merah atau hitam untuk mempertegas keberadaannya dalam ruang.

  6. Coba sample sebelum mengecat. Bila perlu coba cat pada sebidang papan. Perhatikan warna tersebut di pagi hari, siang dan malam hari.

  7. Warna dapat terlihat berbeda karena pengaruh tekstur permukaan atau kehadiran warna lain di sekelilingnya. Permukaan mengkilap akan membuat warna terlihat lebih terang dan kuat, warna gelap yang diletakkan di samping warna terang akan membuat warna gelap makin gelap dan warna terang makin terang.

  8. Hati hatilah dalam mengkombinasikan dua warna kontras. Berpedomanlah pada lingkungan warna. Warna yang letaknya saling berlawanan dalam lingkungan warna seperti ungu dan hijau, atau yang letaknya saling berdampingan seperti jingga dan fuchsia, akan terlihat serasi.

Berikut adalah contoh beberapa warna ruangan, semoga bisa menjadi inspirasi :

kamar tidur biruruangan duduk biru



Mengecat Ruangan duduk SendiriMengecat Ruangan Sendiri

0 comments:

Post a Comment